Bincang Alumni Bersama Bagus Setyo Budianto #1

Hai arek DC!. udah paham nanti setelah wisuda, dunia kerja itu gimana sih? Kita harus gimana nantinya biar kita siap di dunia kerja? Apa nanti kita kerja hanya terfokus di bidang perkapalan? Prospek DC cerah gak sih? Nah ini ada wejangan dari Mas Bagus Setyo Budianto dari Alumni DC tahun 2013 yg udah lulus tahun 2016 lalu. Mas Bagus sekarang kerja di PT. PELNI (Persero) di Jakarta.  Wih kerennn.. Kuy lah kita telusuri.

Bagus Setyo Budianto, kelahiran Tuban,14 September 1995. Menimba ilmu di SDN Ronggomulyo 2 Tuban dilanjut SMPN 3 Tuban lanjut lagi di SMAN 2 Tuban. Kuliah nya pasti di PPNS prodi DC angkatan 26. Nah setelah wisuda Mas Bagus nyari-nyari referensi mau kerja dimana. Dan beliau ini ngejar banget buat masuk di Perusahaan BUMN.

Kalian udah tau belum PT. PELNI itu apa sih? Oke cermati baik baik yaaa. PT. PELNI singkatan dari PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) adalah perusahaan pelayaran nasional yang menyediakan jasa transportasi laut. Meliputi jasa angkutan penumpang, dan muatan barang antar pulau. Saat ini perusahaan mengoperasikan 26 kapal penumpang, 46 kapal perintis, 6 kapal barang tol laut dan 1 kapal ternak. Ada 6 Direktorat di dalam PT. PELNI ini. Ada Direktorat Utama, Direktorat Keuangan, Direktorat Armada, Direktorat Pemasaran dan Pengelolaan Kapal Barang, Direktorat Pemasaran dan Pengelolaan Kapal Penumpang, Direktorat SDM. Nah disetiap Direktorat nanti dibagi lagi menjadi beberapa divisi guys. Nah, Mas Bagus di bagian Direktorat Armada Divisi Teknika Departemen Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal Penumpang.

Next, Gimana mas kok bisa masuk dan diterima padahal belum ada alumni DC yang kerja di PT. PELNI?. “Awalnya aku masih belajar di jenjang d3 mau ke d4, iseng coba, waktu itu ada perusahaan milik BUMN, yang membutuhkan orang yang berpendidikan dalam perkapalan, aku daftar disana, karena siapa tau kan diterima atau gimana gitu, aku mau tau juga perusahaan BUMN itu sistemnya gimana, akhirnya aku coba apply ternyata aku diterima. Sebenernya masuk ke PELNI ini sedikitnya agak terlalu sulit, dilihat dari faktor tadi, gaada alumni, terus juga kan tempatnya jauh gitu kan di jakarta, terus juga kan saingannya ga cuma dari ppns aja, mungkin kalo dari yang D3 itu UNDIP saingannya. Awalnya  aku juga pesimis karena belum ada alumni poltek. Tapi aku yakin dengan kemampuanku aku bisa” Jawab Mas Bagus.

Terus ada berapa tahap tes untuk diterima Mas?. ”Pertama itu adalah seleksi administrasi, mungkin contohnya adalah Tugas Akhir, nilai-nilai, ya kan karena ini adalah perusahaan milik BUMN, maka mereka memiliki standar sendiri yang telah mereka tetapkan. lalu setelah administrasi adalah tes psikologi yang dilanjutkan tes kemampuan bidang, kemampuan bidang ini tentang general kapal dan pelayaran, dan untuk general itu khususnya untuk permesinan kapal dan perlengkapan kapal, lalu dilanjutkan lagi tes wawancara dengan semacam kepala divisi, misal tes masuk divisi A, maka yang mewawancarai adalah kepala bidangnya langsung. oh setelah itu ada semacam pelatihan, dan tidak cuma sekali, yang pertama pelatihan namanya ‘Bela Negara’ dan ini dilatih oleh tentara, pelatihan ini diselenggarakan sekitar 2 minggu, tetapi tiap perusahaan berbeda-beda, ada yang 2 minggu ada yang 3 minggu. Lalu pelatihan kedua yaitu pengenalan menyeluruh kepada pegawai baru selama 1 bulan (PT.PELNI)” Jelas Mas Bagus.

Nah apa setelah wisuda Mas Bagus langsung kerja di PT. PELNI ya? Ternyata nggak guys. pertama beliau kerja di PT. Lelangon itu sebelum lulus, jadi pertama deket sama dosen lalu dosen itu semacem diajak sama dosen PPNS yang lain buat kerja, di sekitaran daerah Sidoarjo, lalu dosen itu butuh satu orang buat analisis struktur. Terus Mas Bagus ini sempet juga Lintas Jenjang K3 guys. Karena ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Jadi kalo ada lowongan kerja K3 ya apply kalo DC ya apply soalnya dari dulu emang pengen ngejar BUMN terutama kayak PT. Pelindo atau PT. PAL. Dulu juga sempet magang di PT. PAL selama 3-4 bulan.

Terus lebih berat mana mas, kuliah atau kerja?. “Hahaha gimana ya, kalo ditanya gitu, saya sih lebih ke kerja, tapi tanggung jawabnya itu, bakal lebih besar di dunia kerja, misal kamu masuk bidang A, nanti semua tanggung jawab bidang itu ya kamu dan mungkin divisi atau kelompokmu yang pegang, dan juga kadang gak mesti, bisa saja kamu tiba-tiba dikirim ke tempat lain mungkin untuk survey atau tujuan lain.” Jawab Mas Bagus.

Oke guys. Terakhir ini ada pesan-pesan untuk kalian arek DC dari Mas Bagus. “Untuk adek adek DC. Awalnya kita kan kuliah beranggapan suatu saat nanti aku kerja di galangan intinya di kapal. Gak mesti nanti kamu bakal kerja disana. Bisa saja kamu ke bidang yang lain. Intinya cari kerja yang lebih baik gitu misal suatu saat kamu dapet kerja gitu pokoknya jangan ekspektasi harus ke bidang kapal intinya harus berani coba. Awalnya aku juga gak nyangka aku lolos. Tapi aku yakin aku itu mampu. Yang penting kalian yakin!”. Tuh pesan Mas Bagus. Semangat yaaa. Harus bisa kejar cita cita kalian guys. Sukseslah untuk membanggakan orang-orang terdekat.

“Bukan kecerdasan saja yang membawa sukses, tapi juga hasrat untuk sukses, komitmen untuk bekerja keras, dan keberanian untuk percaya akan dirimu sendiri.” Jamie Winship

Cukup sekian hasil dari Bincang Alumni kali ini guys. Tungguin Bincang Alumni selanjutnya yaaaa. FORZA DC!!! FORTISIMOSTATIS!!!!!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *