We study

HDPE
Boat

Hallo KM DC, beberapa dari kalian pasti sudah tau Kapal Fiber, tapi taukah kalian tentang Kapal HDPE ?. Ya … HDPE sendiri adalah salah satu material yg di gunakan dalam pembuatan kapal.

Sebelumnya mari kita mengenal apa itu HDPE. HDPE (High Density Polyethylene) sendiri adalah polietilena termoplastik, yang merupakan turunan minyak.

Nah .. mulai mengenal HDPE kan ? . Terus apa bedanya sama Kapal bermaterial Fiber ?

Sampai saat inipun kapal fiber sudah banyak di produksi hampir di seluruh galangan, karena proses pembuatan yang mudah di kerjakan dan murah dalam proses produksinya. Akan tetapi kapal fiber sendiri tidak ramah lingkungan dan sulit untuk di daur ulang. Maka dari itu peralihan pembuatan kapal ke bermaterial HDPE sudah mulai dilakukan.

Lalu apa kelebihan lainnya dari Kapal bermaterial HDPE ?

Kelebihan pertama Material HDPE menjadikan lambung kapal bebas terkena dampak korosi yang diakibatkan oleh garam, oksigen, dan air laut. Artinya kapal HDPE tidak butuh pemeliharaan khusus, termasuk tak perlu membilas lambung kapal setelah digunakan.

Kapal HDPE pun bersifat Marine Growth Resistane. Artinya lambung kapal HDPE dibuat dengan permukaan yang halus dan tahan terhadap tumbuhan laut, semisal lumut hijau, menjadikan sisi perawatan pada jenis kapal ini juga mudah, dan lambung kapal tetap bersih.

HDPE juga bersifat Ultra Violet Resistance. Dengan campuran bahan karbon, HDPE relatif tahan terhadap pengaruh sinar ultra violet. Umumnya lambung kapal akan menjadi memudar dan rapuh bila sering terpapar sinar ultra violet.

HDPE sudah dipakai Floaton Boat untuk kapal patroli laut, kapal wisata, kapal nelayan hingga kapal dengan spesifikasi militer. Uniknya kapal dengan material HDPE sanggup bertahan selama 50 tahun karena ia memiliki sifat elastisitas yang tinggi sehingga sangat tahan terhadap benturan benda tumpul dan dapat digunakan di berbagai medan operasi. Apabila terjadi kerusakan, kapal HDPE sangat mudah diperbaiki, dibersihkan dengan biaya perawatan yang murah.

Melihat banyaknya kelebihan dari material HDPE, semoga sektor industri ataupun galangan kapal lebih mengaplikasikan Kapal bermaterial HDPE. Mengingat kepedulian terhadap lingkungan.